Wednesday, May 30, 2018

Cara Mengembalikan File dan Folder Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja merapikan isi-isi dari laptop kesayangan. Saya mulai mengumpulkan setiap file berdasarkan kategori pada foldernya masing-masing agar lebih rapi. Saya melakukan hal ini bukan tanpa alasan, ketika sedang latihan untuk sidang tugas akhir dosen pembimbing saya mengungkapkan bahwa kerapian desktop mahasisiwa juga termasuk faktor penilaian dosen penguji.
Atas alasan ingin lancar sidang tugas akhir sayapun membersihkan laptop dari file-file yang kurang baik dan merapikan setiap file yang dianggap penting berdasarkan foldernya masing-masing.
Kesialan sepertinya sedang menimpa saya, ketika ingin memindahkan file power point untuk presentasi tugas akhir, malah tombol yang tertekan pada keyboard adalah tombol shift del.Panik, bisa saja saya membuat file presentasi yang baru namun hasilnya tidak akan sama dengan file terhapus yang sudah saya siapkan dan desain dengan baik jauh-jauh hari sebelumnya.
Saya berusaha browsing dan mencari cara kesana kemari bagaimana caranya agar saya dapat mengembalikan file yang sudah terhapus permanen di laptop saya tersebut. Ada banyak rekomendasi software dan trik yang diberikan, saya mulai mencoba semuanya satu persatu dan akhirnya saya menemukan satu software yang paling ampuh dan akurat untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di komputer.
Software yang paling ampuh yang saya gunakan untuk mengembalikan file terhapus permanen di komputer ini adalah PC Inspector File RecoveryPC Inspector File Recovery ini dapat digunakan untuk mengembalikan semua file yang telah di hapus permanen dari  Recycle Bin, suport untuk FAT 12/16/32 dan NTFS file sistem.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen Dengan Bantuan Software

Berikut adalah langkah-langkah mengembalikan file terhapus permanen dengan bantuan software:
  1. Download hingga selesai software PC Inspector File Recovery. Install aplikasi. (Download Disini)
  2. Jalankan aplikasi, pilih menu file, kemudian pilih submenu drive (CTRL + O)
  3. Akan muncul jendela baru seperti ini, silahkan pilih partisi yang ingin di restore file yang terhapus permanen, klik icon ceklis.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer
  4. akan muncul tampilan seperti ini, klik pada folder Deleted maka semua file yang terhapus di partisi yang anda pilih akan dimunculkan.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer
  5. Untuk mengembalikan file yang telah terhapus, klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih save to. Pilih direktori penyimpanan.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer
Selain menggunakan software, ternyata mengembalikan file yang terhapus permanen di komputer juga ternyata dapat dilakukan langsung dengan bantuan fitur bawaan windows. Cara ini tentunya tidak bekerja pada komputer yang menggunakan sistem operasi selain windows. Saya sempat mencoba cara ini beberapa kali dan terbukti dapat mengembalikan file terhapus yang tidak masuk recycle bin.

No comments:

Post a Comment

Teknik Bernafas dan Doping Saat Mendaki Gunung

Teknik Bernafas dan Doping Saat Mendaki Gunung Buat kamu yang sering naik gunung pastinya bernafas sering sekali menjadi kendala sen...